Cara Paling Ampuh Untuk Menghemat Baterai Android

Aduh, baterai android saya cepat habis nih, harus sering-sering ngecas dah. Jadi begini sob, masalah baterai yang boros di android diakibatkan oleh 3 faktor. Pertama adalah ketahanan baterai (retain capacity), kedua adalah dari sistem android dan yang ketiga adalah pengguna android itu sendiri.


1. Ketahanan Baterai (Retain Capacity)

Maksudnya begini sob, pada saat pertama kali membeli HP pastinya baterai dalam kondisi yang baik karena sudah melewati proses pengecekan (Quality Control) dari pabriknya. Setelah pemakaian dan pengisian baterai yang berulang-ulang dalam jangka waktu yang lama pasti akan mengurangi masa pakai baterai.

2. Sistem Android

Apabila banyak aplikasi yang dijalankan oleh sistem android, maka baterai juga akan cepat berkurang.

3. Pengguna (User)

Saat ini banyak pengguna yang menggunakan android kesayangannya untuk bermain game online. Hal ini sangat berpengaruh terhadap baterai, mengapa? Dalam hal ini android milik sobat akan mengerjakan 3 hal sekaligus, internet + menjalankan aplikasi + merespon perintah touchscreen. Keadaan ini membuat kinerja memory RAM semakin berat dan panas yang mengakibatkan RAM mengkonsumsi banyak daya dari baterai.

Tips Berikut Bisa Mengatasi 3 Faktor Diatas dan Menjadikan Baterai Android Sobat Menjadi Awet:



  • Matikan Program Yang Tidak Dipakai

Setelah selesai mengirim file menggunakan SHAREit pasti akan menghidupkan WiFi, jadi pastikan untuk mematikan WiFi tersebut setelah selesai. Matikan juga Bluetooth dan koneksi internet jika tak terpakai.


  • Posisikan HP Pada Mode Pesawat

Kartu SIM akan terus mencari sinyal apabila dalam kondisi standby, yang mana akan terus mengkonsumsi daya sehingga baterai menjadi tidak awet. Apalagi jika HP sobat tipe Dual SIM, pastinya 2x lipat borosnya.


  • Hapus Aplikasi Di Task Manager

Apabila ada aplikasi atau program sistem yang sudah sobat tutup, maka hapus semua program tersebut dengan menekan tombol Task Manager atau tahan tombol Home lalu hapus semua program yang tidak dipakai.


  • Hentikan Paksa Aplikasi Dengan Greenify

Yap, Greenify ini berfungsi menghibernasi aplikasi yang telah dipilih dengan paksa agar aplikasi yang sudah tidak terpakai tidak mengkonsumsi daya. Greenify bisa didownload secara gratis di Play Store. Apabila ingin menikmati fitur lanjutan maka Hp android sobat wajib di root.


  • Mengurangi Space Di Memori Internal

Dengan mengurangi file-file tidak penting dari memori internal dan memindahkannya ke micro SD akan mengurangi beban yang diemban oleh memori RAM. Dengan begini baterai menjadi hemat dan bisa digunakan untuk hal lainnya.

Semoga dengan mengikuti cara diatas, baterai android sobat bisa menjadi awet. "KAMUI"



Baru Nih Sob:

Mau request artikel atau punya pertanyaan? Tinggalkan saja di komentar atau hubungi admin DISINI.